Credibility or “Creating”-Ability ? (Part I)

(I got it from 9Gag)

(I got it from 9Gag)

WOW, it almost the end of year 2013 ! Ga nyangka ya, serius ! Dulu, saya termasuk salah satu orang yang ngira dunia bakal berakhir tahun 2012. Kalau dijelasin pakai teori-teori komunikasi, sebenernya bakal bisa dijabarin panjang lebar kenapa rumor ini sangat sukses mempengaruhi pikiran. But, well that’s not the main point of this post.

Inget banget tuh waktu jaman-jaman Facebook masih merajai kehidupan anak SMA, suatu hari ada tawaran ikut kuis Facebook dengan judul “Akankah Anda Hidup di 2013”. Tadinya pengen kasih liat kuisnya, tapi setelah dicari ternyata ga nemu, anyway ! setelah ikut kuis itu, saya jadi stress setengah mati dan ngirim sms minta maaf ke semua orang yang saya kenal. Jelas aja, abis hasilnya (beneran loh ini nancep banget di otak) “Anda akan mati terseret ke dalam tanah” JEDER ! jahat banget ya yang bikin kuis ini kalau dipikir-pikir. Tega bener bikin orang menderita.

Seinget saya sih, rumor kiamat 2012 ini muncul karena ramalan Mama Lauren. Mungkin karena track record si Mama ini sudah terpercaya, akhirnya dengan gampang kita langsung ngangguk-ngangguk aja deh sama ramalan ini. HEBATNYA, adanya internet bikin ‘virus ketakutan’ ini berkembang biak secara leluasa dalam masyarakat.

Ramalan mengenai akhir 2012 ini, ternyata bukan muncul dari hasil penerawangan Mama saja. Jadi awalnya hal ini ramai diperbincangkan karena kalender suku Maya yang berakhir pada Desember 2012, padahal kalau diteliti lebih lanjut penghuni suku ini menjelaskan kok, kalau akhir kalender ini tidak menunjukkan bahwa kehidupan seluruh umat manusia akan berakhir (baca) . Berakhirnya kalender Maya berarti merupakan sebuah awal yang baru. Rada bingung ya ? gini deh gampangnya, kaya kalender Cina. Kalau tahun kelinci berakhir, bakal ada tahun macan. Bukan berarti peradaban manusia akan berakhir karena tahun berikutnya bukan tahun kelinci.

But then, akhirnya rumor ini mulai dikaitkan dengan berbagai cerita, legenda, mitos, bahkan ayat-ayat agama. Muncul pula artikel-artikel berisi penelitian ilmiah yang menjabarkan alasan kalo bener 2012 adalah akhir dunia. Tapi, jauh sebelum itu, ABC News telah lebih dulu mengeluarkan sebuah berita mengenai seseorang yang melakukan ‘bisnis’ upaya penyelamatan saat kiamat. Hal ini memperlihatkan jika ternyata rumor ini telah berkembang sejak tahun 2008.

Adanya internet, memudahkan arus informasi secara global. Begitu juga pada saat itu, rumor yang bermula di Amerika ini menyebar cepat ke Indonesia. Beberapa isu mengenai kiamat 2012 merupakan isu pertama yang rajin diperbincangkan sepanjang tahun 2008-2009 dalam forum online.

Film “2012” diluncurkan pertengahan tahun 2009, punya andil cukup besar, karena sebagian orang menganggap keadaan ini benar-benar akan terjadi. This movie, exceptionally gaining gross in huge number.

Advertisements

One thought on “Credibility or “Creating”-Ability ? (Part I)

  1. Huahaha aduh rumor 2012, jadi inget jaman-jaman itu emang rasanya takut setengah mati pas Desember makin deket. Semacam udah pasrah ajalah kalau mati yaudah mati ahaha.
    Tapi gila lo emang penyebaran rumor itu, di semua media ada dan kita jadi semakin “takut”. Bahkan TV sama koran kayak Kompas pun semacam “mendukung” rumor itu dan akhirnya orang-orang juga jadi makin semangat meng-endorse rumor itu. Terus setelah terbukti salah, well, malah muncul teori kalau semua isu itu cuma kerjaan yang bikin film 2012 aja biar filmnya laris :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s